Kurikulum SMK RPL 2013 Revisi Final 2016

MATA PELAJARAN KELAS
Mata Pelajaran X XI XII
1 2 1 2 1 2
Kelompok A (Wajib)
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 4 4 4 4
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 2 2 2 2 2 2
6 Bahasa Inggris 2 2 2 2 2 2
Kelompok B (Wajib)
7 Seni Budaya 2 2 2 2 2 2
8 Prakarya dan Kewirausahaan 2 2 2 2 2 2
9 Pendidikan Jasmani, Olah Raga & Kesehatan 3 3 3 3 3 3
Kelompok C (Peminatan)
C1. Dasar Bidang Keahlian
10 Fisika 2 2 2 2
11 Pemrograman Dasar 2 2 2 2
12 Sistem Komputer 2 2 2 2
C2. Dasar Program Keahlian
13 Perakitan Komputer 4 4
14 Simulasi Digital / Pengelolaan Informasi 3 3
15 Sistem Operasi 3 3
16 Jaringan Dasar 4 4
17 Pemrograman Web 4 4
C3. Paket Keahlian
18 Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak 18 18 24 24
1. Pemodelan Perangkat Lunak 2 2
2. Pemrograman Desktop 4 4
3. Pemrograman Berorientasi Obyek 4 4 4
4. Basis Data 4 4 4
5. Pemrograman Web Dinamis 4 4 4
6. Pemrograman Grafik 4 4
7. Pemrograman Perangkat Bergerak 4 4
8. Administrasi Basis Data 4 4
9. Kerja Proyek 12
18 18 24 24

MATA PELAJARAN KI – 3 KI – 4 TARGET PENCAPAIAN KOMPETENSI MODEL PEMBELAJARAN
MODELING PERANGKAT LUNAK 3.1. Memahami konsep pemodelan perangkat lunak . 4.1. Menyajikan beberapa karakteristik pemodelan perangkat lunak. Konsep Pemodelan Perangkat Lunak (PL), Komponen, Karakteristik PL, Prinsip analisis dan desain, ragam pemodelan Problem Based
Kelas XI RPL 3.2. Memahami model proses pengembangan perangkat lunak. 4.2. Menyajikan karakteristik berbagai metode pengembangan perangkat lunak. Problem Based
3.3. Memahami rekayasa kebutuhan perangkat lunak. 4.3. Menyajikan hasil rancangan kebutuhan fungsionalitas sistem perangkat lunak. Merancang Kebutuhan fungsionalitas system perangkat lunak Problem Based
3.4. Memahami diagram aliran data (DFD). 4.4. Menyajikan hasil rancangan diagram aliran data. Merancang diagram alur data Project Based
3.5. Memahami diagram hubungan antar entitas (ERD). 4.5. Menyajikan hasil rancangan hubungan antar entitas (ERD). Merancang ERD (hubungan antar entitas) Project Based
3.6. Memahami antar muka pengguna (user interface). 4.6. Menyajikan hasil rancangan antar muka pengguna (user interface). Merancang user interface (mockup) aplikasi/perangkat lunak Project Based
3.7. Memahami arsitektur perangkat lunak. 4.7. Menyajikan hasil rancangan antar muka pengguna (user interface). Merancang arsitektur system (diagram konteks) Problem Based
3.8. Memahami konsep pemodelan ber-orientasi obyek (UML). 4.8. Menyajikan karakteristik pemodelan berorientasi obyek. Karakteristik Pemodelan Berorentasi Objek Problem Based
3.9. Memahami kebutuhan sistem berorientasi obyek . 4.9. Menyajikan hasil rancangan kebutuhan sistem berorientasi obyek. Kebutuhan Sistem Berorentasi Objek Problem Based
3.10. Memahami alur kerja sistem berorientasi obyek. 4.10. Menyajikan hasil rancangan alur kerja sistem berorientasi obyek Rancangan alur sistem berorentasi objek Project Based
3.11. Memahami hubungan antar class dalam sistem berorientasi obyek . 4.11. Menyajikan hasil rancangan hubungan antar class sistem berorientasi obyek Hubungan interaksi antar class dalam sistem berorentasi objek Project Based
3.12. Memahami interaksi antar obyek dalam sistem berorientasi obyek. 4.12. Menyajikan hasil rancangan interaksi antar obyek dalam sistem berorientasi obyek. interaksi antar objek dalam sistem berorentasi objek Project Based
3.13. Memahami siklus hidup obyek dalam sistem berorientasi obyek. 4.13. Menyajikan hasil rancangan siklus hidup obyek dalam sistem berorientasi obyek rancangan siklus hidup objek dalam sistem berorentasi objek Problem Based
3.14. Memahami struktur atau hubungan antar komponen dalam sistem berorientasi obyek 4.14. Menyajikan hasil rancangan struktur atau hubungan antar komponen dalam sistem berorientasi obyek struktur atau hubungan antar komponen dalam sistem berorentasi objek Problem Based
3.15 Memahami dokumen laporan pe-ngembangan sistem aplikasi berorientasi obyek 4.15. Menyajikan dokumen pengembangan aplikasi berorientasi obyek dokumen pengembangan aplikasi berorentasi objek Problem Based

 

MATA PELAJARAN KI – 3 KI – 4 TARGET PENCAPAIAN KOMPETENSI MODEL PEMBELAJARAN
PEMROGRAMAN BERORENTASI OBJEK Memahami konsep pemrograman berorientasi obyek Menyajikan konsep pemrograman berorientasi obyek Konsep Pemrograman Berorentasi Objek Discovery Learning
(KELAS XI) Memahami dasar-dasar dan aturan pemrograman berorientasi obyek Menyajikan aturan dan dasar-dasar pemrograman berorientasi obyek Aturan dan Dasar Pemrograman Berorentasi Objek Problem Based
Memahami konsep class dan obyek Menyajikan class dengan memberikan atribut dan metode Class dengan memberikan atribut dan metode Project Based
Memahami konsep enkapsulasi dalam melindungi data dan informasi Menyajikan perlindungan data dan informasi melalui mekanisme enkapsulasi perlindungan data dan informasi melalui mekanisme enkapsulasi Project Based
Memahami konsep pewarisan Mengolah hubungan antara class dengan pola pewarisan Mengolah hubungan antara class dengan pola pewarisan Project Based
Memahami konsep polimorphisme Menyajikan konsep polimorphisme dengan overloading dan overiding konsep polimorphisme dengan overloading dan overiding Project Based
Menerapkan penggunaan pakage dalam aplikasi Menyajikan aplikasi melalui pengelompokan class dalam pakage Praktik Pembuatan aplikasi melalui pengelompokan class dalam pakage Project Based
Memahami pembuatan interface Menyajikan hasil pembuatan aplikasi dengan interface Membuat aplikasi dengan interface Project Based
Menganalisis pemanfaatan class built-in Menyajikan beberapa class built-in dan penerapannya dalam memecahkan masalah Membuat beberapa class built-in dan penerapannya dalam memecahkan masalah Project Based
Memahami mekanisme penanganan kesalahan Mengolah penanganan error dalam mendeteksi kesalahan program penanganan error dalam mendeteksi kesalahan program (error Handling) Project Based
Memahami string dan berbagai propertinya Menyajikan data colection sebagai penyimpan data Membuat data colection sebagai penyimpan data Project Based
Memahami data collection sebagai media penyimpanan data. Menyajikan operasi file dan operasi Input Output Membuat aplikasi operasi file dan operasi Input Output Project Based
Menerapkan operasi file dan Input Output(IO) Menerapkan operasi file dan Input Output(IO) upload dan operasi crud file dalam sistem web Project Based

MATA PELAJARAN KI – 3 KI – 4 TARGET PENCAPAIAN KOMPETENSI MODEL PEMBELAJARAN
Pemrograman Web 3.1. Memahami teknologi aplikasi web server 4.1. Menyajikan teknologi pengembangan aplikasi web server Problem Based
Kelas XI RPL 3.2. Memahami dasar pemrograman pada web server 4.2. Menalar data kedalam program Tipe data, Variabel, Operator,Komentar,Array 1 dan 2 dimensi,Array asosiatif Project Based
3.3. Memahami struktur kendali program 4.3. Menyajikan proses kerja aplikasi melalui struktur kendali percabangan if, switch case Project Based
3.4. Memahami fungsi dalam program 4.4. Mengolah kode program dalam bentuk fungsi Lihat Sheet ProgDas Project Based
3.5. Menerapkan pustaka standar dalam program 4.5. Mengolah data melalui pustaka standar Prinsip operasi file, Pembacaan file, Penulisan file, File upload, File download, Mengelola file (salin, pindah, hapus), Mengelola direktori (buat, lihat isi, hapus) Project Based
3.6. Memahami pembuatan aplikasi interaktif pada web server 4.6. Menyajikan aplikasi interaktif pada web server Membuat menu link, olah data form, olah data url Project Based
3.7. Memahami operasi file 4.7. Mengolah data pada file Prinsip operasi file, Pembacaan file, Penulisan file, File upload, File download, Mengelola file (salin, pindah, hapus), Mengelola direktori (buat, lihat isi, hapus) Project Based
3.8. Memahami penanganan kesalahan pada program 4.8. Mengolah kesalahan pada program Prinsip penanganan error, Teknik penanganan error Project Based
3.9. Memahami pembuatan aplikasi basis data berbasis web 4.9. Menyajikan aplikasi basisdata berbasis web membuat aplikasi web sistem informasi Project Based

MATA PELAJARAN KI – 3 KI – 4 TARGET PENCAPAIAN KOMPETENSI MODEL PEMBELAJARAN
Basis Data 3.1. Memahami aplikasi basis data client-server 4.1. Menyajikan aplikasi basis data client-server Pengenalan Environtment dan konsep dasar basis data nosql menggunakan mongodb Discovery Learning
Kelas XII RPL 3.2. Menerapkan instruksi untuk mengolah struktur basis data client-server 4.2. Menyajikan instruksi untuk mengolah struktur basis data client-server penggunaan struktur perintah untuk operasi crud data di database mongodb Problem Based
3.3. Menganalisis teknik penggabungan data dari beberapa tabel 4.3. Menyajikan tampilan penggabungan data dari beberapa tabel menampilkan view data dari beberapa collection di mongodb Problem Based
3.4. Menganalisis pemakaian fungsi-fungsi agregasi 4.4. Menyajikan penerapan fungsi-fungsi agregasi. penggunaan fungsi-fungsi agregasi pada mongodb Problem Based
3.5. Menganalisis teknik menampilkan data kondisional 4.5. Menyajikan data secara kondisonal pennyajian data secara kondisional sesuai kebutuhan sistem Project Based
3.6. Menganalisis penggunaan SQL bertingkat 4.6. Menyajikan data menggunakan SQL bertingkat penyajian data dengan struktur perintah bertingkat dalam database Project Based
3.7. Menerapkan SQL pada sistem basis data client-server 4.7. Menyajikan data pada DBMS di sisi client penyajian data dari database mongodb sisi client Project Based

Pemrograman Web II 3.1. Memahami aplikasi web stateful 4.1. Mengolah data pada aplikasi web stateful Konsep Full Stack Web Development Discovery Learning
Kelas XII RPL 3.2. Memahami pengamanan data pada aplikasi web 4.2. Menalar penerapan teknik pengamanan data pada aplikasi web Konsep Teknik Security data pada aplikasi web Problem Based
3.3. Memahami pengembangan aplikasi web berorientasi obyek 4.3. Menalar kasus kedalam paradigma berorientasi obyek Konsep Pengembangan Aplikasi Web paradigma berorentasi Objek Project Based
3.4. Memahami pembuatan sistem informasi web 4.4. Menyajikan aplikasi sistem informasi web konsep pembuatan sistem informasi web berbasis cloud computing Project Based

KELOMPOK MATA PELAJARAN KI – 3 KI – 4 TARGET PENCAPAIAN KOMPETENSI MODEL PEMBELAJARAN
C3 Pemrograman Perangkat Bergerak 3.1. Memahami teknologi pengembangan aplikasi mobile 4.1. Menyajikan teknologi pengembangan aplikasi mobile Teknologi mobile, Instalasi tool/perangkat pengembangan aplikasi mobile, Program mobile pertama Problem Based
Kelas XII RPL 3.2. Memahami teknik desain aplikasi mobile 4.2. Menyajikan desain aplikasi berbasis mobile Layout Linier Vertikal dan Horizontal, Desain Kompleks,Penggunaan Scrollview, Penanganan event, Pananganan event dengan thread Problem Based
3.3. Memahami teknik desain aplikasi multiwindow 4.3. Menyajikan desain aplikasi multiwindow Prinsip desain multiwindow, Navigasi antar window, Multiwindow dengan Tabulasi Project Based
3.4. Memahami pengkodean alur program dalam aplikasi 4.4. Mengolah data menggunakan suatu alur tertentu Tipe data, variabel, dan operator, Array, Struktur kontrol percabangan, Struktur kontrol perulangan Project Based
3.5. Memahami teknik pengolahan input user 4.5. Mengolah input user pada aplikasi Konversi data, Pengelolaan input user pada operasi aritmatika dan logika, Pengelolaan input user pada operasi string Project Based
3.6. Memahami teknik pemrograman berbasis obyek 4.6. Menalar kasus ke dalam bentuk pemrograman berbasis obyek Kelas, Hak akses, Turunan Project Based
3.7. Memahami teknik desain aplikasi lanjutan 4.7. Menyajikan desain aplikasi lanjutan Pembuatan komponen UI sendiri, Pembuatan visualisasi melalui canvas Project Based
3.8. Memahami teknik pemrograman basisdata 4.8. Mengolah data melalui aplikasi basisdata Membuat tabel, Penambahan data pada tabel, Pencarian dan penampilan data, Penghapusan data, Pengubahan data Project Based
3.9. Memahami teknik pemrograman web client 4.9. Mengolah data server melalui aplikasi web client menampilkan data dari service di web client Project Based
3.10. Memahami teknik publikasi aplikasi 4.10. Menyajikan aplikasi pada user presentasi produk aplikasi pada user Project Based
Facebook Comments