[TUTORIAL] Belajar Laravel Pemula

Ada banyak sekali framework PHP saat ini, namun dari beberapa situs forum developer banyak yang menyebutkan framework Laravel ini sebagai The Best PHP Framework untuk saat ini. Lalu kenapa bisa demikian? disini saya sudah membuat list tentang beberapa kelebihan dari Laravel yang pastinya bisa mempermudah dan meningkatkan kualitas sistem/aplikasi yang sedang dikembangkan.

  • Dokumentasi yang baik

Yup, ini merupakan alasan pertama mengapa banyak developer memilih Laravel. Dokumentasi yang disediakan Taylor Otwell (Pembuat Laravel) selalu tersedia dengan jelas dan mudah dipahami. Selain itu Taylor juga tidak pernah me-release versi terbaru Laravel tanpa adanya dokumentasi yang jelas.

Selain itu kalau teman-teman perhatikan lebih dalam, coding style yang digunakan dalam dokumentasinya selalu konsisten dan detail.

  • Migration

Migration merupakan kode representasi dari schema database kita. Fitur ini merupakan salah satu fitur favorit saya karena ketika bekerja dengan tim, kita tidak diharuskan untuk berbagi file sql secara manual untuk konfigurasi database. Cukup dengan migrate database-nya dan beres.

  • Database Seeding

Selain migration, ada juga database seeding. Fitur ini membuat kita tidak perlu repot-repot membuat dummy data secara manual melainkan kita bisa membuatnya dengan mudah dengan bantuan Faker Library

  • Eloquent

Eloquent merupakan syntax yang digunakan untuk memproses query database. Dan sejauh ini Eloquent laravel masih menjadi ORM yang terbaik buat saya karena sintaksnya yang rapih dan mudah dipahami.

  • Blade

Blade merupakan sistem templating yang digunakan laravel. Dengan menggunakan blade, membuat dokument HTML menjadi jauh lebih simple dan rapih

  • Elixir

Elixir merupakan gulp wrapper yang digunakan untuk menjalankan tugas-tugas secara otomatis. Contohnya seperti compiling SASS/LESS, manifyin script/css dan menjalankan PHPUnit test dapat dijalankan secara otomatis jika menggunakan elixir.

  • Laracast

Jika teman-teman baru mulai belajar laravel, ada baiknya untuk mengunjugi situs laracast racikan Jeffrey Way yang berisi kumpulan video tutorial laravel dari beginner sampai pro. Selain video tutorial, di laracast juga tersedia sebuah forum yang membahas seputar laravel. Jadi kalau teman-teman punya pertanyaan, teman-teman bisa menanyakannya disana.

  • Auth

Alasan selanjutnya mengapa banyak php developer memilih laravel adalah adanya auth atau athentication yang sudah diimplementasikan otomatis di laravel, sehingga kita tidak perlu susah payah membuatnya dari awal.

  • Pagination

Fitur ini sangat membantu karena kita tidak perlu membuat pagination secara manual, tapi dengan adanya fitur ini kita bisa membuat pagination data dari database kita secara mudah.

  • Validation/Request

Kelas validasi yang disediakan oleh laravel sangat simple dan mudah dipahami

  • Artisan CLI

Command Line Interface tools yang sangat powerfull dari laravel. Dengan adanya artisan ini kita bisa membuat beberpa file seperti controller, model, dll dengan cepat dan otomatis. Dan banyak lagi fungsi dari artisan cli ini.

  • Dependency Injection

Terdapat dependency injection yang tertanam di laravel membuat Unit testing menjadi mudah.

  • Forge

Merupakan satu tools yang juga dikembangkan Taylor Otwell untuk mempermudah deploying laravel apps

  • Directory Structure

Struktur default dari laravel sangat baik dan dalam beberapa kasus yang rumit sekalipun kita tidak perlu untuk merubahnya.

sumber : http://sangkumuda.blogspot.co.id/2017/03/alasan-mengapa-banyak-php-developer.html

Berikut adalah materi presentasi pada mata pelajaran Pemrograman web dinamis kelas XII RPL dan Modul yang di gunakan silahkan di download.

Materi Presentasi Pemrograman Web Dinamis Dengan laravel : PWD12KD3

Modul Pemrograman Web Dinamis Dengan Laravel : modulpwdlaravel

selamat mencoba dan semoga bermanfaat .

Materi tanggal 20 Oktober 2017 : Laravel Basic MVC

Facebook Comments