[Tutorial Node.js Part 2] Basic Javascript di NodeJS

untuk tutorial node js part 2 ini di wajibkan sudah memenuhi persayaratan menyelesaikan tutorial nodejs part 1 dari saya, atau sudah menginstall nodejs di laptop/komputer masing-masing.

jika sudah kita coba buat project latihan nodejs dengan membuat folder project di sini saya taruh di documents/latihanbasicjs, kita coba gunakan editor sederhana/yg umum ada di masing-masing komputer saja yaitu notepad :-), atau jika ada editor seperti sublime text atau atom silahkan gunakan editor tersebut, tetapi jika di linux seperti yang saya gunakan text editor .

buatlah file baru dengan nama: app.js di folder latihanbasicjs yang kita buat sebelumnya pastikan tersimpan di folder tersebut :-).

//kode var namavariabel="isivariabel"
var namadepan="puguh";
var namatengah="rismadi";
var namabelakang="ismail";

//kode untuk mencetak ke console console.log
console.log(namadepan+" "+namatengah+" "+namabelakang);

untuk mengecek hasil pembuatan kode program di atas kita coba jalankan command prompt (di windows) atau console (terminal) jika di linux atau mac os.

setelah membuka console (command prompt) pastikan anda aktif di direktori tempat anda membuat kode program, sebagai contoh saya menggunakan linux ubuntu. ( ingat untuk memasuki direktori yg di maksud gunakan cd /change directori )

nodedirektori

kemudian ketikkan perintah berikut :

node app.js

maka tampilan yang muncul di layar console (cmd) adalah seperti berikut :

cekhasil1

silahkan berkreasi menggunakan variabel yang lain, operasi variabel seperti penjumlahan maupun perkalian untuk menyegarkan ingatan kita kembali mengenai ini :-).

sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat.

next tutorial kita akan menggunakan IDE untuk mempermudah dalam pemrograman nodejs :-).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *