[Tutorial] Instalasi Laragon untuk PHP Laravel Framework family di windows

Laragon offers you a fast, powerful and Isolated Development Environment. It is portable and very flexible.
Installing Laragon is effortless & doesn’t affect your OS (Windows). You can move Laragon folder around (to another disks, to another laptops, sync to Cloud,…) and it still works.

quote di atas adalah halaman yang akan muncul pada saat kita berkunjung ke official web : laragon

pada intinya untuk belajar pemrograman laravel atau microframeworknya laravel  Lumen kita bisa dengan mudah menyiapkan tools maupun lingkungan pengembangannya dengan bantuan tool ini.

laragon

laragon untuk saat ini hanya berjalan di mesin windows , berikut link sumber untuk download : https://sourceforge.net/projects/laragon/files/laragon-1.0-setup.exe/download

Instalasi laragonDownload terlebih dahulu file eksekusi dari sumber di atas, kemudian double klik setup laragonstep1laragon

berikut adalah tampilan setup dari laragon dapat kita lihat service apa saja yang dapat di gunakan dalam paket installer laragon ini.

step2laragon step3laragon step4laragon

auto create virtual hosts akan membuat host virtual yang berjalan di komputer lokal kita supaya dapat di panggil di browser seperti nama domain contoh : myapi.dev

freshInstall

setelah instalasi selesai kita dapat membuka control panel dari laragon dengan double klik pada ikon di desktop (yang di tunjukkan angka 1).

menu di tunjukkan oleh nomor 2, dan setting di tunjukkan oleh nomor 3.

Berikut adalah tampilan menu jika di klik, di folder www kita simpan folder project laravel maupun project php yang lain.

untuk menjalankan service Apache, Mysql dapat menggunakan menu tombol start all dan jika sudah running maka akan muncul seperti tampilan di bawah.

folderlaragon laragongeneralsetting

akan tetapi untuk php biasanya secara default masih belum berjalan (running), maka kita ubah setting nya seperti pada gambar : (ceklist pada PHP server, di sini kita dapat merubah port sesuai kebutuhan jika ada konflik service 🙂 )

laragonserviceport

Untuk membuat project Lumen microframework dapat memilih menu seperti tampak di gambar .

laragonnewlumen

dengan memilih menu di atas maka akan sama seperti membuat perintah di konsole : lumen new projectLumen, untuk mengecek kesuksesan dalam membuat project ini kita dapat panggil di browser dengan mengetikan : localhost:8000 , maka akan menampilkan versi lumen yang sedang di gunakan.

laragontestbrowser

sekian semoga bermanfaat.

[sgmb id=”1″]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *