Tutorial Belajar OOP PHP: Pemrograman Berbasis Objek PHP

Dalam sesi tutorial PHP kali ini, kita akan membahas salah satu aspek terpenting dalam PHP, yakni tentang Pemrograman Berbasis Objek (Object Oriented Programming), atau sering disingkat dengan OOP PHP.

Apa itu Pemrograman Berbasis Objek?

Object Oriented Programming atau dalam bahasa indonesia diartikan Pemrograman Berbasis Objek, adalah salah satu cara membuat program (programming paradigm) dengan memecah alur program menjadi modul-modul sederhana yang disebut dengan objek. Setiap objek akan memiliki fungsi dan tugas tersendiri. OOP berbeda dengan prosedural programming yang memecah program menjadi fungsi-fungsi/prosedural.

Pemrograman Berbasis Objek dengan PHP

Saat ini, Object Oriented Programming (OOP) telah menjadi standar dalam dunia pemograman, termasuk PHP. Walaupun kita bisa membuat program PHP tanpa menggunakan OOP sama sekali, namun untuk membuat aplikasi ‘real world’ yang fleksibel, programmer PHP akan beralih menggunakan OOP.

Jika anda telah menguasai pemrograman PHP dasar seperti tipe data, array, dan fungsi, mempelajari pemrograman objek PHP adalah langkah berikutnya. Fitur dan desain kode yang ditawarkan dengan membuat program menggunakan objek akan sangat memudahkan kita dalam merancang aplikasi website modern dan memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Terlebih jika anda memang ‘serius’ menguasai PHP, memahami pengertian dan cara penggunaan OOP dalam PHP sangat penting. Aplikasi framework PHP seperti Code Igniter, Yii Framework, Symfony dan Laravel, semuanya menggunakan OOP.

Berikut adalah index daftar tutorial belajar Pemrograman Berbasis Objek PHP:

(sumber :  http://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-oop-php-pemrograman-berbasis-objek-php/ )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *